our mariage

Daisypath Anniversary tickers

Minggu, 15 November 2015

Cinnamon Roll (Sweet Potato Bread)







Setelah berbulan bulan blog ini ngga ditengok tengok apalagi di update gegara napsu ngeblog ga ada, finally setelah hujan mulai turun dan memberikan kesejukan,muncul lagi deh keinginan untuk posting resep di blog xixi..

sebenernya sih gegara posting 

gambar magic custard cake di group geng masak n ada watermarknya, jadi deh mereka pada ngintip2 blog,,n akooh malu cz ini blog udah ditelantarin berbulan bulan qeqe..
ah sudahlah, abaikan prolog diatas. Ga penting xixi..mulai masuk musim hujan, berarti mulai kudu rajin bebikinan..maklum,hujan kan bikin mulut pengen ngunyah aja bawaannya. Nah Alhamdulillah udah dapet ilmu roti nih..jadi sekarang kalo mau roti..tak payah beli..(eh beli juga deng,cz belum punya mixer roti..jadi kalo mo bikin roti kudu mengumpulkan segenap tenaga untuk ngadonin hehe)
Nah arisan kemarin ditempat tanteku,pulangnya dibawain bbrp potong umbi2an rebus. Ada singkong,ubi kuning n ubi ungu. Utuhlah itu ngga dicolek2 ama krucils..masa kudu emaknya terus yang ngabisin biar ga mubazir..haduuh..ni perut udah maju bersenti senti, krucils yg kudu di gemukin bukan emaknya xixi..ya sudahlah di bikin roti aja biar krucils mau ngabisin.

ini resep asal cemplung aja ya..ga pake takaran..bisa pake resep potato bread sebenernya, tinggal kentangnya aja ganti umbi2an tersebut. Baiklah saya share resep potato breadnya aja ya biar yang mau bikin bisa lebih yakin :D

oia..saya bikin roti ini pake acara gebuk2an loh xixi




Potato Bread

bahan :


100gram kentang kukus, haluskan (saya pakai singkong+ubi)
200gram terigu protein tinggi
100gram terigu protein sedang
6gram ragi instan
65gram gula pasir
10gram susu bubuk full cream (saya pakai susu kental manis hehe)
1 sdt vanila bubuk (ngga pakai)
2 kuning telur (saya pakai 1 telur utuh)
125mlair es/susu cair dingin, gunakan sesuai kelembaban tepung (saya pakai air biasa)
1/2 sdt garam
35gram margarin (saya pakai mentega,lebih wangii)


Cara Membuat:
taruh semua bahan di dalam wadah kecuali garam dan mentega. Aduk rata. Setelah rata, masukan masukan mentega dan garam.uleni sampai kalis (tidak lengket ditangan)
Keluarkan adonan, taruh di atas meja yang dialasi silmat (kalo ada) atau plastik tebal. Pukul2 adonan (saya pakai rolling Pin kayu) sekitar 30 menit atau sampai adonan menjadi lebih halus, lembut dan elastis.
Kemudian bulatkan adonan, simpan kembali dalam wadah dan tutupi pakai plastik atau apalah yang penting ngga rapet banget nutupnya.diamkan hingga mengembang 2 kali dari ukuran asal.
Kempiskan adonan, keluarkan dari wadah,letakan di atas silmat.
giling adonan dengan rolling pin (atau botol marjan qeqe) hingga ketebalan yang diinginkan.
Olesi permukaannya dengan mentega. Kemudian taburkan gula palem diatasnya dan bubuk kayu manis.
Gulung adonan, potong2 sesuai ukuran loyang, tata di loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega.
diamkan hingga adonan mengembang kembali (sekitar 30-60 menit)
panaskan oven kurleb 180-200 derajat. masukan adonan yang telah ditata di loyang, panggang dalam oven hingga matang (sekitar 15-20 menit, atau hingga terlihat kecoklatan)
keluarkan dari oven, oleskan mentega selagi roti masih panas agar terlihat shiny :D
happy baking..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lihat juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya
full time mother for 3 amazing kids